langkah Bersihkan Ram Laptop Yang Kurang Bersih


Buat orang yang tahu sangkut-paut computer, bersihkan RAM ialah hal yang biasa. Tapi buat beberapa orang, buka casing computer adalah hal yang canggung untuk mengerjakannya, ditambah lagi sampai mencabut komponen-komponennya. Satu hal yang tentu ialah, makin menambahnya usia computer kita, tentu saja kurang bersih di pin RAM tidak dapat dijauhi. Debu atau kotoran yang melekat di pin RAM membuat pin tidak dapat berkoneksi dengan slot/terminal di motherboard secara baik. Bermacam permasalahan muncul dari kotornya pin RAM itu, ketika dari computer seringkali restart sendiri, hang, tidak ingin menyala dan lain-lain. Beberapa ciri computer memiliki permasalahan dengan RAM-nya ialah komuter mengeluarkan bunyi tuuuut...tuuuut.... dengan terus-terusan serta tidak ingin lakukan booting


Nah, di panduan kesempatan ini kita mampu sedikit membahas bagaimanakah cara membersihkan ram laptop yang kotor , tidak mesti takut bongkar-pasang PC, akan tetapi tetaplah waspada.

Bersamaan menambahnya usia RAM umumnya pin-pin itu mampu kelihatan kusam layaknya berkarat, di dasarnya itu bukan karat. Kalau saya tidak salah ingat pelajaran Kimia SMA, ada proses oksidasi di pin itu hingga pin nya kelihatan kusam, ditambah lagi jika casing PC jarang-jarang dibuka, bisa saja lembab nya udara di dengan punya pengaruh. Lalu bagaimana membersihkannya? Pakailah penghapus karet yang seringkali Kamu pakai untuk meniadakan coretan pensil. Sederhana serta gampang kan?

Pemakaian penghapus karet untuk bersihkan RAM ini lebih optimal dibanding gunakan cairan cleaner loh. Dan saya sendiri pernah coba panduan ini untuk bersihkan SIM Hp. Dilatarbelakangi SIM di handphone saya kadang error tidak ingin ngedetect. Saya cek memang pin di kartu selulernya kelihatan kusam. Terbersit dibenak untuk coba menggosok pin di SIM kartu mobile, serta hasilnya, error itu pergi, kepercayaan me, it works!

Wah justru narasi kemana saja nih, kembali pada subtopik ulasan bagaimanakah cara gampang bersihkan RAM. Pertama, coba bebaskan terlebih dulu RAM dari mainboard/motherboard. Berhati-hati dengan mencabut RAM, sebab ada beberapa jenis tipe slot RAM, bergantung dari tipe mainboard yang Kamu pakai. Begitupun dengan melepas RAM. Ada RAM yang mesti didesak kuncinya dari dua bagian dengan bertepatan untuk membukanya. Ada juga RAM yang langsung bisa dicabut, atau beberapa langkah yang lain bergantung dari mode slotnya.

Setelah RAM dicabut dari mainboard serta penghapus telah ada. Silahkan selekasnya kerjakan ritual pembersihan pin RAM. Kalau kamu masih bingung cari pin RAM itu yang mana, coba deh lihat gambar di bawah ini.
Lumayan gosok sisi permukaan pin yang berdebu atau kurang bersih sampai bersih serta kelihatan cerah. Sesudah dibikin bersih, janganlah lupa membersihkan tersisa penghapus yang mungkin ketinggalan di pin RAM, kemudian, coba pasang di Motherboard. Selamat mencoba…

Post a Comment

0 Comments